Khatulistiwa, Karya ke-14 Teater Caneta

Teater SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta, Caneta kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam bermain peran pada Jumat, 9 November 2018. Pementasan ke-14nya itu berjudul “Khatulistiwa” yang merupakan karya Venantius Vladimir Ivan. Aksi panggung Caneta itu digelar di Aula TKK 6 PENABUR Jakarta. Sekitar dua ratus penonton dari siswa, guru, karyawan, alumni, dan orang tua siswa turut hadir menyaksikan pertunjukan tersebut.

Hasil karya seni yang disutradarai oleh Cassandra Putri  itu menceritakan tentang dosa-dosa manusia yang berujung pada kerusakan.  Si tokoh utama, Tuo memiliki kesalahan di masa lalunya yang harus dibayar pada akhirnya. Namun, dirinya dikelilingi oleh orang-orang terdekat yang tidak terbebas dari penjajahan dosa pula. Rasa iri yang mendalam, keputusasaan hubungan asmara, tindakan pengecut, hingga pembalasan dendam teralir dalam pementasan tersebut.

Menurut Jevon, siswa kelas XII IPS 3, pementasan “Khatulistiwa” menjadi penghibur dari keseharian yang padat sepanjang pekan. “Ceritanya juga menyadarkan kita bahwa semua pemikiran, ucapan, maupun tindakan akan terbalas pada waktunya,” tutur Jevon. (Stevie Sean – Kelas XI IPS 1 – Tim Jurnalistik SMAK 5 PENABUR)