Escalades Concordia untuk Sportivitas dalam Keberagaman

Ajang tahunan Escalades (Enthusiasm to Compete and Celebrate SMAK 5 Open School) 2018 SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta resmi dibuka. Pembukaan itu ditandai dengan penarikan pinata berbentuk lidah api yang merupakan lambang dari Escalades. Kegiatan tersebut diadakan di lapangan sekolah pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Seluruh siswa, guru, dan karyawan SMAK 5 serta beberapa tamu undangan turut serta memeriahkan prosesi tersebut.

Berbeda dari tahun sebelumnya, 2018 ini SMAK 5 mengangkat tema Concordia dalam Escaladesnya. Concordia merupakan kepanjangan dari Celebration of Culture and Diversity in Indonesia. Dengan ini SMAK 5 ingin merayakan keberagaman budaya dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Tahun ini Escalades Concordia menyelenggarakan sebelas macam kompetisi yang terbagi menjadi tiga cabang, yaitu seni, olahraga, dan bahasa. Dari cabang seni, Escalades mengadakan kompetisi band, mural, monolog, vokal solo, paskibra, dan modern dance. Di bidang olahraga terdapat kompetisi floorball, futsal, dan basket. Sedangkan di bidang bahasa terdapat kompetisi Bahasa Inggris.

Berbagai kompetisi ini tidak hanya diikuti oleh siswa SMAK 5, tapi juga sekolah-sekolah dari luar. Tahun ini SMAK 5 berhasil menggandeng 53 SMA dan 33 SMP untuk turut serta dalam kegiatan Escalades SMAK 5.

Kepala SMAK 5 Bapak Boanerges Tiberias, M.Pd., menjelaskan bahwa Escalades merupakan ajang bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan potensinya. Dalam sambutannya ia berharap semua peserta dapat memaksimalkan diri untuk mencapai prestasi terbaik dalam kegiatan ini. “Tentunya semuanya itu harus memancarkan persembahan untuk kemuliaan Tuhan,” ungkap Bapak Boan.

Selanjutnya, Bapak Boan mengingatkan para peserta untuk selalu menjunjung sportivitas di tengah beranekaragamnya perbedaan yang ada. Oleh karenanya, setiap peserta harus saling bertoleransi baik di dalam dan di luar lingkungan SMAK 5. “Jangan sampai hanya gara-gara Escalades yang tadinya berteman jadi bermusuhan. Yang tadinya akrab jadi tidak pernah ngobrol lagi,” jelasnya.

Kegiatan Escalades Concordia masih akan berjalan hingga Jumat, 12 Oktober 2018. Nantikan acara penutupannya dan saksikan guest star artis papan atas yang dihadirkan! (Lucia Febriarlita)

Kunjungi kami di :

https://www.instagram.com/escalades_smak5/

https://www.facebook.com/escaladessmak5/

https://www.youtube.com/channel/UC73xfC2CiSwWVFQiDNHKTPw