Jurusan yang Best dan Fit

Memilih jurusan untuk pendidikan lanjut usai jenjang SMA bukanlah hal yang mudah. Berbagai macam pilihan institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri menawarkan jurusan yang cukup menarik dan bergengsi. Terkadang hal itu membuat siswa bingung untuk menentukan pilihan.

Hal ini disampaikan oleh Sofia Yang dari Nuffic Neso yang mewakili vendor dalam pembukaan Penjuru (Pemilihan Jurusan) 2018. Kegiatan pameran pendidikan SMAK 5 PENABUR Jakarta itu terselenggara pada Jumat dan Sabtu, 28 dan 29 September 2019. Acara tahunan yang diadakan di lingkungan SMAK 5 itu wajib diikuti oleh seluruh siswa baik kelas X, XI, maupun XII. Sekitar 54 vendor yang terdiri atas perguruan tinggi, institusi pendidikan, dan agensi turut menyemarakkan acara itu.

Selanjutnya Sofia menyarankan agar siswa SMAK 5 memilih lembaga pendidikan yang menawarkan kesempatan untuk mendapat pengetahuan. Siswa juga harus dapat mengembangkan diri secara pribadi melalui kegiatan-kegiatan dan aktivitas belajar di kampusnya. Selain itu, kampus yang menjadi pilihan juga harus memberikan prospek untuk karier yang profesional.

“Jadi kalau mau pilih kampus jangan cuma yang kualitas best tapi juga harus fit dengan minat, keinginan, dan tujuan hidup kita,” pesan Sofia. (Stevie Sean Surjadi – Kelas XI IPS 1)