SMAK 5 Berhidroponik

Guru dan karyawan SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta mengikuti pelatihan hidroponik pada Selasa, 2 September 2018. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka hari pembinaan guru dan karyawan semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Dalam pelatihan yang diadakan di ruang audio-visual SDK 6 PENABUR itu dihadirkan seorang ahli hidroponik, Ibu Christine Rahardja sebagai pembicaranya.

Hidroponik adalah teknik budidaya menanam tanaman dengan menggunakan media air. Dalam praktiknya, pertumbuhan tanaman sama sekali tidak menggunakan tanah. Lalu sebagai pengganti unsur hara tanah, tanaman hanya diberi nutrisi yang sesuai kebutuhan tanaman. Nutrisi tersebut kemudian dicampurkan dalam air yang menjadi media pertumbuhannya.

Menurut Ibu Christine, hidroponik adalah cara menanam tanaman yang sangat praktis terutama bagi warga kota besar. Hal ini karena lahan berupa tanah yang dapat menjadi tempat tumbuh tanaman sangat terbatas.

β€œSelain itu, hasil pertanian hidroponik juga sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh,” tambah Ibu Christine. (Lucia Febriarlita)