Tree5 Tanam Manggrove Lagi

Mangrove adalah tumbuhan berkayu yang memiliki ciri khas yaitu memiliki akar napas. Tanaman ini hidup di wilayah pertemuan perairan darat dan laut. Banyak fungsi yang dimiliki tanaman. Salah satu manfaatnya yang sangat fungsional adalah melindungi daratan dari abrasi pantai.

Fungsi mangrove yang sangat penting inilah yang melatarbelakangi SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta mengadakan kegiatan Tree5 setiap tahunnya. Pada 2018 ini kegiatan Tree5 dilaksanakan pada Sabtu, 7 September di  Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk. Sebanyak 26 siswa yang didampingi oleh Ibu Sari Sipayung, S.Pd., turut serta dalam kegiatan ini.

Sekitar seratus bibit ditanam oleh peserta Tree5 SMAK 5. Mereka harus membuat lubang dalam lumpur, memasukkan bibit, dan menimbun kembali dengan lumpur. Setelah itu, mereka harus memasang pasak dan mengikat bibit bakau dengan pasak tersebut.

“Semoga bibit-bibit ini dapat tumbuh, berkembang, dan berbuah sehingga dapat bermanfaat bagi ekosistem di sekitarnya,” harap Ibu Sari. (Ray HarrisonXI MIPA 2Tim Jurnalistik SMAK 5 PENABUR)