Meneliti Pembangunan LRT jadi Juara OPSI

Tim kemenangan OPSI SMAK 5 PENABUR Jakarta (atas kiri) Eugene dan Stevie, (bawah kiri) Priscilla, Natalie, dan Florence kelas XI IPS. (Foto: Doc. A5)

Siswa SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta menjadi juara I dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018 tingkat SMA. Penelitian yang membawa mereka pada kemenangan itu berjudul “Pengaruh Percepatan Pembangunan LRT terhadap Mobilitas Warga Kota DKI”. Mereka tergabung dalam satu tim yang terdiri atas lima siswa, yaitu: Natalie, Stevie, Eugene, Priscilla, dan Florence. Semua siswa kelas XI IPS itu dibimbing oleh Ibu Ernilawati Panjaitan, S.Sos.

Lewat perhelatan pada Rabu, 25 Juli 2018 itu mereka juga mendapat juara I OPSI Bidang Lomba Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH). Alhasil mereka membawa dua piala OPSI Tingkat Suku Dinas Pendidikan Wilayah II, Kota Jakarta Utara.

“Awalnya kaget dan tidak percaya karena waktu persiapan kami sangat terbatas,” ungkat Natalie usai lomba di SMA Negri 13 Jakarta. “Kami senang dan sangat bersyukur sih.” (Lucia Febriarlita)