Melirik Peluang Usaha Dunia Digital

Seminar Peluang Digital Entrepreneurship bagi Remaja yang dibawakan oleh Bapak James Purnama, M.Sc. dan Dr. Eka Budiarto, S.T., M.Sc. dari Swiss-German University. (Foto: LT)

Dunia maya saat ini memang tengah menerjang setiap insan di bumi, tidak terkecuali para remaja yang tengah duduk di bangku SMA. Namun, alih-alih memanfaatkannya secara positif, kebanyakan remaja justru banyak yang terjerumus dalam sisi negatifnya.

Menyikapi kecenderungan remaja dalam selimut dunia digital, SMA Kristen 5 PENABUR Jakarta mengadakan sebuah seminar “Peluang Digital Entrepreneurship bagi Remaja”. Seminar ini diadakan pada Kamis, 26 Juli 2018 di aula TKK 6 PENABUR Kelapa Gading. Seluruh siswa kelas XI dan XII, serta beberapa guru mengikuti kegiatan tersebut.

Siang itu, dua pembicara dihadirkan dari Swiss-German University, yaitu Bapak James Purnama, M.Sc. dan Dr. Eka Budiarto., S.T., M.Sc. Mereka adalah dosen jurusan Informasi dan Teknologi universitas tersebut.

Siang itu, Bapak James Purnama, M.Sc. dari Swiss-German University menjadi pembicara dalam seminar tersebut. Ia mengemukakan ada tiga macam peluang usaha digital yang dapat dilakukan oleh remaja. Peluang tersebut antara lain berupa freelancing, sosial media, dan online shop. “Peluang-peluang usaha ini dapat menyesuaikan dengan hobby atau minat remaja terhadap sesuatu hal,” ungkapnya.

Misalnya, jika remaja memiliki hobby fotografi, mereka dapat menjual hasil jepretan mereka pada situs-situs tertentu dengan harga tertentu pula. Jika senang menyanyi, remaja dapat merekam performance mereka di media sosial hingga mereka memiliki banyak penonton dan memperoleh tawaran iklan. “Dengan begitu, meski kalian masih remaja juga bisa menghasilkan uang lho,” tutur Bapak James. (Lucia Febriarlita)